e-ISSN 2338-6037       print ISSN 2338-1426

Submission

Online Submission

Already have a Username/Password for eJournal Kedokteran Indonesia?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Petunjuk bagi Calon Penulis e-Journal Kedokteran Indonesia

           eJournal Kedokteran Indonesia (eJKI) merupakan jurnal kedokteran yang menerbitkan artikel ilmu kedokteran dasar dan kedokteran klinis yang penting bagi pengembangan pengetahuan kedokteran dan kesehatan.

 

Tipe Artikel

Artikel ilmiah yang dimuat di eJKI meliputi:

1.    Editorial: artikel yang membahas isu kedokteran dan kesehatan yang sedang hangat dibicarakan atau membahas masalah kedokteran dan alternatif penyelesaiannya. Sistematika penulisan editorial adalah: judul, pendahuluan, isi makalah, penutup dan daftar pustaka.

2.    Artikel penelitian: merupakan karya ilmiah hasil penelitian dalam ilmu kedokteran dan kesehatan baik yang berasal dari skripsi, tesis maupun jenis penelitian lainnya. Sistematika artikel penelitian adalah: Judul, abstrak dan kata kunci dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, pendahuluan, metode, hasil, pembahasan, kesimpulan dan daftar pustaka.

3.    Laporan kasus: adalah artikel yang membahas kasus menarik atau jarang dijumpai dan penatalaksanaannya. Sistematika artikel laporan kasus adalah: judul, abstrak dan kata kunci dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, pendahuluan, ilustrasi kasus, pembahasan, kesimpulan, daftar pustaka.

4.    Evidence-based case report (EBCR): artikel yang membahas kasus atau masalah klinis dengan pendekatan berbasis bukti. Sistematika EBCR adalah judul, abstrak dan kata kunci dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, pendahuluan, kasus atau skenario klinis, rumusan masalah, strategi penelusuran bukti, hasil penelusuran, pembahasan, kesimpulan, daftar pustaka.

5.    Tinjauan pustaka: artikel yang mencakup semua jenis artikel ilmiah yang bukan laporan hasil penelitian. Tinjauan pustaka menelaah suatu teori, mengembangkan model, mendeskripsikan fakta atau fenomena tertentu dan menilai suatu produk ilmu kedokteran/kesehatan mutakhir. Sistematika artikel tinjauan pustaka adalah: judul, abstrak dan kata kunci dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, pendahuluan, pembahasan, kesimpulan, daftar pustaka.

 

Petunjuk Umum

Jika penulis bermaksud mempublikasi artikelnya di eJKI, maka penulis harus mengunggah artikel ke http://journal.ui.ac.id/eJKI.  Artikel yang akan dipublikasi, belum pernah diterbitkan dalam jurnal atau penerbitan lainnya dan tidak mengandung unsur plagiarism.

Artikel yang telah diunggah akan dibahas oleh redaksi untuk kesesuaian format, sistematika dan bahasa, lalu artikel tersebut dikirim ke peer reviewer/mitra bebestari) untuk ditelaah isinya dari segi keilmuan. Artikel yang perlu perbaikan format dan atau isi akan dikembalikan sehingga penulis berkesempatan melakukan perbaikan berdasarkan catatan redaksi dan peer reviewer. Penulis akan mendapatkan pemberitahuan penerimaan atau penolakan artikel melalui email.

Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dalam bentuk naratif. Artikel diketik dengan huruf arial, ukuran 12 pts, paragraf rata kanan kiri, spasi 1,15 dan ukuran kertas A4 sebanyak 15-18 halaman dengan margin atas/bawah/kiri/kanan masing-masing 3 cm. Artikel yang diunggah ke portal e-JKI dalam format doc. atau docx.

 

Format Penulisan Artikel

Judul Artikel

            Judul ditulis secara singkat, spesifik, lugas dan mencerminkan isi artikel. Judul tidak melebihi 15 kata, ditulis dengan title case (setiap kata diawali dengan huruf besar) dengan ukuran 14 pts, spasi single, dan menggunakan rata tengah (center). Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

 

Identitas Penulis

            Nama penulis ditulis lengkap tanpa gelar akademik, jabatan, dan kepangkatan serta ditempatkan satu spasi di bawah judul artikel. Institusi penulis diletakkan di bawah nama penulis. Alamat korespondensi berupa alamat email ditulis lengkap untuk memudahkan komunikasi.

 

Abstrak dan Kata Kunci

            Abstrak ditulis dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, dalam bentuk satu paragraf dengan jumlah maksimal 200 kata. Format abstrak adalah pendahuluan, metode, hasil dan diskusi yang ditulis secara ringkas dan padat. Abstrak diketik dengan ukuran tulisan 9 pts dan spasi single. Bagian akhir abstrak terdapat kata kunci yang mencerminkan konsep yang terkandung dalam artikel dan membantu meningkatkan keteraksesan artikel, serta untuk penyusunan indeks. Jumlah kata maksimal 5 kata untuk masing-masing kata kunci pada abstrak bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

 

Artikel

Artikel terdiri dari beberapa bagian sesuai dengan tipe artikel. Untuk penelitian yang melibatkan manusia atau hewan coba harus menyertakan ethical clearance dari komisi etik yang bersangkutan.

 

Penyajian Tabel

Ukuran tabel tidak boleh melebihi 1 halaman. Tabel dilengkapi dengan subjudul pada setiap kolom yang ditulis dengan title case. Jumlah tabel dan gambar dalam satu artikel maksimal 5 buah (setiap 1000 kata dalam makalah dapat dibuat 1 tabel). Kata tabel ditulis di tepi diikuti nomor dengan angka Arab dan judul tabel. Judul tabel ditempatkan di atas tabel, ditulis dengan title case kecuali kata penghubung. Nomor tabel berurutan sesuai dengan urutan penyebutan dalam teks. Tabel dibuat tanpa menampilkan garis kolom sedangkan garis baris pada tabel hanya ditampilkan untuk memisahkan judul keterangan tabel dan mengakhiri isi tabel. Tulisan dalam tabel diketik menggunakan huruf arial, ukuran 9 pts.

 

Penyajian Gambar

Istilah gambar mengacu pada grafik, chart, peta, sket, diagram dan gambar lainnya. Judul gambar diletakkan di bawah gambar, ditulis dengan title case kecuali kata penghubung dan ditebalkan. Gambar diberi nomor urut sesuai dengan pemunculan dalam teks, jumlah tabel dan gambar maksimal 5 buah. Penyebutan gambar harus mendahului gambar. Gambar yang memerlukan tempat lebih dari setengah halaman harus ditempatkan pada halaman tersendiri. Bila berupa gambar orang yang mungkin dapat dikenali atau berupa ilustrasi yang pernah dipublikasi maka harus disertai izin tertulis.

 

Ucapan Terima Kasih

Ucapan terima kasih ditujukan kepada profesional yang membantu penyusunan makalah, termasuk pemberi dukungan teknis, dana dan dukungan umum dari suatu institusi.

 

Daftar Pustaka

            Daftar pustaka diberi no urut sesuai dengan kemunculan dalam keseluruhan teks dan ditulis berdasarkan aturan vancouver. Jumlah daftar pustaka sebaiknya tidak melebihi 30 dan dibatasi dari tulisan yang terbit dalam satu dekade terakhir. Untuk penyingkatan nama majalah atau jurnal dalam daftar pustaka dapat mengikuti List of Journal Indexed in Index Medicus.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Materi dalam artikel yang Saya ajukan kepara redaktur eJKI telah memenuhi syarat kebijakan publikasi yang berlaku

     

  2. Artikel ini tidak mengandung unsur plagiarisme

  3. Materi dalam artikel ini belum pernah dipublikasikan dan belum pernah memberikan hak cipta artikel tersebut kepada siapapun
 

Copyright Notice

  • Penulis memberikan semua kepemilikan hak cipta dan izin kepada eJKI untuk melakukan reproduksi, distribusi, penjualan, penggunaan ulang, dan penyantuman sebagian atau seluruh artikel, termasuk publikasi rekompilasi atau yang berdiri sendiri, dalam bentuk media apapun saat ini ataupun di masa yang akan datang, termasuk semua media elektronik dan digital, dalam perlindungan hukum yang berlaku di Republik Indonesia  dan Negara asing
  • Memberikan kuasa kepada pihak lain untuk menggunakan artikel sebagaimana mestinya kuasa ini akan menjadi milik eJKI terhitung sejak tanggal penerimaan artikel untuk publikasi

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.