e-ISSN 2338-6037       print ISSN 2338-1426

Kode Etika Publikasi Ilmiah eJKI

Pemimpin Redaksi

1.     Tugas

·    Mengkoordinasikan semua kegiatan jurnal

·    Memimpin penerbitan

·    Menetapkan artikel yang akan diterbitkan

·    Menilai kelengkapan isi, anatomi naskah awal sesuai dengan pedoman penulisan.

·    Menetapkan redaksi

·    Menetapkan redaksi pelaksana.

·    Melakukan penyuntingan akhir dan pracetak/online.

·    Melakukan penjaminan mutu proses, cetak, dan terbitan.

2.     Membekali dewan editor dengan pedoman kerja, pelatihan yang diperlukan, dan menyiapkan agar seluruh anggota mendapatkan informasi tentang kebijakan dan perkembangan terkini.

3.     Memilih anggota dewan editor yang memiliki kualifikasi dan mampu secara aktif berkontribusi dalam pengembangan dan manajemen yang baik bagi terbitan

4.     Mengevaluasi komposisi dewan editor.

5.     Menarik kembali publikasi apabila terdapat informasi yang tidak dapat diandalkan (misalnya karena kesalah- an prosedur, kesalahan perhitungan atau kesalahan penyajian data), telah dipublikasi di tempat lain, mengandung unsur- unsur plagiarisme, atau tidak memenuhi kode etik

 

Wakil pemimpin redaksi

1.    Tugas

·    Membantu pemimpin redaksi

·    Memantau proses penyuntingan

·    Memantau proses cetak/setting

·    Menyusun jadwal terbit

2.    Membekali dewan editor dengan pedoman kerja, pelatihan yang diperlukan, dan menyiapkan agar seluruh anggota mendapatkan informasi tentang kebijakan dan perkembangan terkini.

3.    Memberi masukan kinerja dewan redaksi

4.    Menarik kembali publikasi apabila terdapat informasi yang tidak dapat diandalkan (misalnya karena kesalah- an prosedur, kesalahan perhitungan atau kesalahan penyajian data), telah dipublikasi di tempat lain, mengandung unsur- unsur plagiarisme, atau tidak memenuhi kode etika

 

Editor

1.    Editor melaksanakan tugas untuk menilai substansi artikel dari hasil penelitian dan kajian pustaka, yang meliputi:

·    Originalitas isi

·    Pernah tidaknya dipublikasi

·    Keruntutan dan kesesuaian pembahasan dengan masalah yang diangkat

·    Kemutakhiran teori/pustaka yang dirujuk

·    Kesesuaian metode penelitian

·    Ketepatan fakta

·    Kesalahan menghitung dan penafsiran

·    Kejelasan tabel dan gambar

·    Ketepatan interpretasi dan pembahasan hasil

·    Ketepatan judul, tujuan dan kesesuaiaan simpulan

·    Pemberitahuan keputusan: diterima, disarankan diperbaiki atau ditolak

2.    Menjamin bahwa semua karya tulis yang diterbitkan telah melalui proses telaah oleh mitra bestari yang berkualifikasi

3.    Mengedepankan akurasi, kelengkapan, dan kejelasan pelaporan hasil penelitian dan pengembangan termasuk teknik pengeditan serta penggunaan pedoman yang sesuai

4.    Menerbitkan pedoman bagi penulis  dan diperbaharui secara berkala

5.    Menarik kembali publikasi apabila terdapat informasi yang tidak dapat diandalkan (misalnya karena kesalah- an prosedur, kesalahan perhitungan atau kesalahan penyajian data), telah dipublikasi di tempat lain, mengandung unsur- unsur plagiarisme, atau tidak

 

Mitra bebestari

1.    Mendapat tugas dari editor untuk menelaah karya tulis dan menyampaikan hasil penelaahan kepada editor, seba- gai bahan penentuan kelayakan suatu karya tulis untuk diterbitkan

2.    Menelaah karya tulis secara tepat waktu sesuai gaya selingkung terbitan berdasarkan kaidah ilmiah (metode pengumpulan data, legalitas pengarang, kesimpulan, dll.).

3.    Menelaah kembali karya tulis yang telah diperbaiki sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

4.    Menjaga privasi pengarang dengan tidak menyebarluaskan hasil koreksi, saran, dan rekomendasi

5.    Menjamin prinsip kebenaran, kebaruan, dan keaslian; mengutamakan manfaat karya tulis bagi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi; serta memahami dampak tulisan terhadap pengembangan ilmu pengetahuan

 

Redaksi pelaksana

Redaksi pelaksana bertugas mencermati dan mengedit artikel yang meliputi:

1.         Pemilihan/penerjemahan kata/istilah

2.         Penggunaan ejaan dan tanda baca

3.         Penggunaan lambang/simbol

4.         Pengalimatan (penambahan/pengurangan)

5.         Penulisan kutipan

6.         Penulisan daftar rujukan

7.         Kesesuaian rujukan dan daftar rujukan

8.         Penyajian tabel dan gambar

9.         Penyesuaian judul, abstrak, identitas dan alamat penulis

10.      Kelayakan abstrak Indonesia dan Inggris

11.      Membantu mencermati substansi artikel sesuai dengan pedoman penulisan