User
Journal Content Search

Browse
Information
Notifications
Font Size Small  Medium  Large
Journal Help

Submission

Online Submission

Already have a Username/Password for Jurnal Keperawatan Indonesia?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Petunjuk Umum

Naskah atau manuskrip yang dikirim ke JKI merupakan karya asli dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Naskah yang telah diterbitkan menjadi hak milik redaksi dan naskah tidak boleh diterbitkan lagi dalam bentuk apapun tanpa persetujuan dari redaksi. Naskah yang pernah diterbitkan sebelumnya tidak akan dipertimbangkan oleh redaksi. Selama naskah dalam proses editing, penulis tidak diperkenankan memasukkan naskah tersebut pada jurnal lain sampai ada ketetapan naskah diterima atau ditolak dari redaksi.

 

Naskah harus ditulis dalam bahasa Indonesia, dengan judul, abstrak, dan kata kunci dalam bahasa Indonesia dan Inggris dengan format seperti yang tertuang dalam petunjuk penulisan ini. Semua naskah yang masuk akan disunting oleh dewan editor (editorial board/EB), mitra bebestari (MB), dan teknikal editor (TE). JKI akan mengirimkan naskah kepada penyunting secara anonim sehingga identitas penulis dan penyunting dapat dijaga kerahasiaannya.

 

Petunjuk Persiapan Naskah

Persiapan naskah/ manuskrip meliputi format pengetikan naskah dan penulisan isi setiap bagian naskah. Penulis perlu memastikan naskahnya tidak ada kesalahan pengetikan. Format Manuskrip, meliputi:

1.       Manuskrip ditulis 2500-3000 kata, jenis huruf Times New Roman dalam ukuran 12 (kecuali judul dengan font14 dan abstrak font10), spasi 1.5, pada kertas ukuran A4. Batas/ margin tulisan pada empat sisi berjarak 2 cm. Tanpa indentasi dan menggunakan spasi antar paragraf.

2.       Nomor halaman ditulis pada pojok kanan atas.

3.       Gambar dan tabel tidak dikelompokkan tersendiri melainkan terintegrasi dengan naskah/ manuskrip

 

Bagian dari manuskrip/ naskah hasil penelitian ditulis dengan urutan IMRAD. Secara rinci meliputi bagian judul, data lengkap penulis, abstrak (Indonesia dan Inggris), kata kunci (Indonesia dan Inggris), latar belakang (pada tinjauan pustaka ditulis pendahuluan), metodologi (tidak untuk manuskrip tinjauan pustaka), hasil (tidak untuk manuskrip tinjauan pustaka), pembahasan (tidak untuk manuskrip tinjauan pustaka), kesimpulan (termasuk di dalamnya saran), ucapan terima kasih, dan referensi. Penulisan uraian bagian manuskrip/ naskah mengikuti ketentuan berikut ini.

 

JUDUL (font 14)

Judul publikasi (berbeda dengan judul penelitian) yang ditulis mengandung kata kunci utama dan tidak menggunakan singkatan, 12-14 kata. Penulis perlu menuliskan juga judul pendek yang diinginkan ditulis sebagai page header  di setiap halaman jurnal. Penulis tidak menuliskan kata studi/ hubungan/ pengaruh dalam judul publikasi.

Contoh:Penurunan gula darah melalui latihan senam DM pada lansia

 

Penulis

Nama lengkap penulis (tanpa gelar) diletakkan di bawah judul. Urutan penulis berdasarkan kontribusinya dalam proses penulisan (lihat panduan penulisan Dikti tentang petunjuk sistem skor untuk penentuan hak kepengarangan bersama sebuah karya tulis ilmiah). Contoh: Ananda Anandita1, Ahmad Taufik2, Josephine3

 

 

Data penulis

Nama lengkap penulis beserta dengan gelar dan afiliasi penulis. Alamat korespondensi merupakan alamat salah satu penulis meliputi alamat pos dan e-mail. Contoh:

Ananda Anindita: Keilmuan Dasar Keperawatan dan Keperawatan Dasar Fakultas Ilmu Keperawatan  Universitas Indonesia, Kampus FIK UI, Jl. Prof. Dr. Bahder Djohan, Depok, Jawa Barat – 16424

E-mail: anandaanindita@ui.ac.id

 

Abstrak

Abstrak ditulis menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris. Jumlah kata tidak melebihi 150 kata, tidak ada kutipan dan singkatan/ akronim. Abstrak harus diawali dengan pendahuluan (latar belakang, masalah, dan tujuan). Metode (desain, sampel, cara pengumpulan, dan analisis data). Hasil yang ditulis adalah hasil riset yang diperoleh untuk menjawab masalah riset secara langsung. Tuliskan satu atau dua kalimat untuk mendiskusikan hasil dan kesimpulan. Rekomendasi dari hasil penelitian dituliskan dengan jelas.

 

Kata kunci. Kata kunci ditulis menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris. Berisi kata atau frase maksimal enam kata. Kata kunci diurutkan berdasarkan abjad.

 

Pendahuluan

Pendahuluan berisi justifikasi pentingnya penelitian dilakukan. Kebaruan hal yang dihasilkan dari penelitian ini dibandingkan hasil penelitian sebelumnya perlu ditampilkan dengan jelas. Nyatakan satu kalimat pertanyaan (masalah penelitian) yang perlu untuk menjawab seluruh kegiatan penelitian yang dilakukan penulis. Penulisan pendahuluan tidak melebihi enam paragraf.

 

Metode

Metode menjelaskan tentang desain, sampel, instrumen, prosedur pengambilan, pengolahan, dan analisis data, serta etika pengambilan data.

 

Hasil

Hasil dinyatakan berdasarkan tujuan penelitian. Pada hasil tidak menampilkan data yang sama dalam dua bentuk yaitu tabel/gambar/grafik dan narasi. Kutipan tidak ada pada bagian hasil. Nilai rerata (mean) harus disertai dengan standar deviasi. Penulisan tabel menggunakan ketentuan berikut.

·         Tabel hanya menggukan 3 garis row (tidak menggunakan garis kolom), contoh:

Tabel 1. Karakteristik Responden

Karakteristik

Jumlah

(n)

Persentase (%)

aaaaaaaa

X

XX

aaaaaaaaaa

X

XX

aaaaa

X

XX

·         Penulisan nilai rerata, SD, dan uji t menyertakan nilai 95% CI. Penulisan kemaknaan tidak mengebutkan P lebih dahulu. Contoh penulisan: Rerata umur kelompok intervensi 25,4 tahun (95% CI). Berdasarkan uji lanjut antara kelompok intervensi dan kontrol didapatkan hasil yang bermakna (contoh: p= 0,001; α= 0,05) 

 

Pembahasan

Uraian pembahasan dengan cara membandingkan data yang diperoleh saat ini dengan data yang diperoleh pada penelitian/ tinjauan sebelumnya. Tidak ada lagi angka statistik dalam pembahasan. Pembahasan diarahkan pada jawaban terhadap hipotesis penelitian. Penekanan diberikan pada kesamaan, perbedaan, ataupun keunikan dari hasil yang peneliti peroleh. Peneliti melakukan pembahasan mengapa hasil penelitian menjadi seperti itu. Pembahasan diakhiri dengan memberikan rekomendasi penelitian yang akan datang berkaitan dengan topik tersebut.

 

Kesimpulan

Kesimpulan merupakan jawaban hipotesis yang mengarah pada tujuan penelitian. Peneliti perlu mengemukakan implikasi dari hasil penelitian untuk memperjelas dampak hasil penelitian ini pada kemajuan bidang ilmu yang diteliti. Saran untuk penelitian lebih lanjut dapat dituliskan pada bagian ini.

 

Ucapan Terima Kasih

 Ucapan terima kasih diberikan kepada sumber dana riset (institusi pemberi, nomor kontrak, tahun penerimaan) dan orang yang mendukung pemberian dana tersebut. Nama orang yang mendukung atau membantu penelitian dituliskan dengan jelas.

 

Referensi

Referensi hanya memuat artikel yang telah dipublikasi, dan dipilih yang paling relevan dengan naskah. Cara penulisan rujukan mengikuti gaya pengutipan “nama-tahun” (APA style). Semua rujukan yang tertulis dalam referensi harus dirujuk di dalam naskah. Penulis harus dirujuk di dalam naskah dengan menuliskan nama keluarga/ nama belakang penulis dan tahun penerbitan di dalam kurung menggunakan format: (Potter & Perry, 2006) atau Potter dan Perry (2006). Nama penulis pertama dan “dkk”, bila terdapat lebih dari enam penulis. Penulis harus menggunakan minimal satu sumber dari JKI sebelumnya.

Contoh:

·         Jurnal

Wu, S.F.V., Courtney, M., Edward, H., McDowell, J., Shortridge-Baggett, L.M., & Chang, P.J. (2007). Self-efficacy, outcome expectation, and  self care behavior in people with type diabetes in Taiwan. Journal of Clinical Nursing, 16 (11), 250–257.

·      Buku

Smeltzer, S., & Bare, B.G. (2008). Brunner  & Suddarth’s textbook of medical surgical nursing. Philadelpia: Lippincott.

·      Artikel online

Supriadi, T. (2009). Rumah Sakit di Sumut belum berikan data penyakit. Waspada Online. Diperoleh dari http://www.waspada.co.id/.

 

Petunjuk Pengiriman Naskah

Naskah yang telah memenuhi ketentuan dalam petunjuk penulisan dikirimkan dalam bentuk hard copy dan soft copy dalam CD.  Penulis harus memastikan file yang dikirim bebas virus. Naskah dikirimkan ke Sekretariat Jurnal Keperawatan Indonesia.

Gedung Pendidikan dan Laboratorium Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia

Kampus Baru FIK UI Depok

Jl. Prof. Dr. Bahder Djohan

Depok, Jawa Barat - 16424

Atau

melalui email: redaksi_jki@yahoo.com

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. http://fik.ui.ac.id/sites/default/files/file/PETUNJUKPENULISANJKI2014.pdf
 


Selamat Datang Perawat Indonesia