User
Journal Content Search

Browse
Information
Notifications
Font Size Small  Medium  Large
Journal Help

PETUNJUK PENGAJUAN NASKAH JKI

Jurnal Keperawatan Indonesia (JKI) merupakan media yang dapat digunakan untuk meregistrasi, mendiseminasi, dan mengarsipkan karya perawat peneliti di Indonesia. Karya yang dipublikasikan dalam jurnal ini secara tidak langsung diakui sebagai karya kecendekiawanan penulis dalam bidang keperawatan. Artikel antara lain meliputi sub bidang keperawatan dasar, keperawatan dewasa, keperawatan anak, keperawatan maternitas, keperawatan jiwa, keperawatan gerontik, keperawatan keluarga, keperawatan komunitas, manajemen keperawatan, dan pendidikan keperawatan. Jenis artikel yang diterima redaksi adalah hasil penelitian. Penulisan setiap jenis artikel harus mengikuti petunjuk penulisan JKI.

 

Naskah atau manuskrip yang dikirim ke JKI merupakan karya asli dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya atau sedang tidak diajukan untuk diterbitkan di jurnal yang lainnya. Penulis yang mengajukan naskah harus mempunyai hak yang cukup untuk menerbitkan naskahnya. Harus ada pernyataan persetujuan dari seluruh penulis untuk penerbitan naskah. Naskah-naskah yang diajukan harus sudah mendapatkan persetujuan komite etik dan ijin tertulis perlu diperoleh untuk studi percobaan yang melibatkan manusia. Naskah yang telah diterbitkan menjadi hak milik redaksi dan naskah tidak boleh diterbitkan lagi dalam bentuk apapun tanpa persetujuan dari redaksi. Naskah yang pernah diterbitkan sebelumnya tidak akan dipertimbangkan oleh redaksi. Selama naskah dalam proses editing, penulis tidak diperkenankan memasukkan naskah tersebut pada jurnal lain sampai ada ketetapan naskah diterima atau ditolak dari redaksi. Penulis diminta mengirimkan formulir asli copyright yang telah ditandatangani kepada Editor bersamaan dengan pengajuan manuskrip. Untuk kemudahan komunikasi, penulis diminta memberikan alamat korespondensi atau surel, nomor telepon dan fax yang dapat dihubungi.

 

Penulis harus mengirimkan 2 (dua) eksemplar naskah dalam versi cetak dan elektronik. Versi elektronik dengan menggunakan program Microsoft Word for Windows 6 atau versi yang lebih baru lagi dapat disimpan dalam CD-R/CD-RW lalu dikirim melalui pos ke alamat:

 

Sekertariat Redaksi JKI

Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia

Ruang 108 Lantai 1 Gedung Pendidikan dan Laboratorium FIK UI Depok

Jl. Prof. Dr. Bahder Djohan

Depok, Jawa Barat - 16424

atau alamat surel ke: editor.jki@gmail.com.

 

Nama file, judul artikel dan nama-nama penulis naskah harus dituliskan pada label CD tersebut. Penulis harus memastikan file yang dikirim bebas virus. Versi cetak dikirim ke alamat redaksi Penulis perlu memastikan naskahnya harus sama antara versi cetak dan elektronik, serta tidak ada kesalahan pengetikan.

 

Manuskrip ditulis dalam Bahasa Indonesia. Untuk judul, abstrak, dan kata kunci dituliskan dalam Bahasa Inggris juga. Panjang maksimum manuskrip adalah 10 halaman atau 2500-3000 kata pada kertas ukuran A4 210 mm x 297 mm). Batas/ margin tulisan pada sisi atas 3.5 cm, bawah 2.5 cm dan sisanya 2 cm. Dibuat dalam bentuk 2 (dua) kolom kecuali judul, identitas penulis dan abstrak. Tanpa indentasi dan menggunakan spasi antar paragraf. Gambar dan tabel tidak dikelompokkan tersendiri melainkan terintegrasi dengan naskah/ manuskrip. Panduan lengkap dapat dilihat pada Petunjuk Penulisan. Dewan Editor berhak melakukan penyesuaian format untuk tujuan keseragaman.

 

Semua manuskrip yang diajukan akan melalui penilaian kelayakan oleh Mitra Bebestari dan Editor. Sistem penilaian bersifat anonim dan independen. Editor akan menetapkan keputusan akhir manuskrip, apakah diterima, diberi waktu untuk perbaikan/ revisi, atau ditolak. Penulis akan menerima pemberitahuan dari editor melalui korespondensi dengan surel. Bila diberi waktu untuk revisi, editor akan menetapkan kapan waktu paling lama untuk pengajuan/ pengembalian naskah setelah revisi. Bila penulis mengembalikan manuskrip setelah batas waktu yang ditentukan maka penulis harus melakukan langkah-langkah seperti awal pengajuan.

 

Perubahan yang dilakukan pada revisi manuskrip harus dituliskan dalam daftar. Penulis diminta memeriksa dengan seksama pada susunan kata, penyuntingan, kebenaran dan kelengkapan teks, tabel dan gambar dan cara penulisan sumber atau referensi. Manuskrip yang layak diterima tetapi penulisannya tidak sesuai dengan petunjuk yang ditetapkan akan mengalami penundaan penerbitan. Manuskrip yang ditolak tidak akan dikembalikan ke penulis kecuali sejak awal sudah menyatakan hal tersebut.

 

Reprint (cetak lepas) sebanyak 5 eksemplar dan JKI cetak artikel lengkap sebanyak 1 eksemplar akan diberikan dengan biaya Rp150,000,- (belum termasuk biaya pengiriman). Tambahan reprint dapat dipesan dengan biaya khusus setelah manuskrip dinyatakan diterima. Pemesanan reprint setelah manuskrip diterbitkan dalam jurnal (turun cetak) akan dikenai biaya tambahan sebesar 50% dari biaya normal. Formulir pemesanan reprint akan dikirimkan ke penulis bersamaan dengan pemberitahuan revisi manuskrip atau bisa memesan melalui alamat surel:  redaksi_jki@yahoo.com.

 

Petunjuk penulisan JKI dapat di-download disini.



Selamat Datang Perawat Indonesia