Jurnal Keperawatan Indonesia, Vol 6, No 2 (2002)

Font Size:  Small  Medium  Large

Analisis Tingkat Kepuasan Klien Terhadap Perilaku Caring Perawata Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar Malang Tahun 2002

Tri Anjaswarni, Budi Anna Keliat, Luknis Sabri

Abstract


Keperawatan adalah ujung tombak pelayanan kesehatan di rumah sakit yang menjadi salah satu indikator mutu pelayanan kesehatan dan berperan dalam menentukan kepuasan klien. Bentuk pelayanan keperawatan yang penting adalah terlihatnya perilaku caring perawat yang merupakan inti atau fokus dari praktek keperawatan professional. Perilaku ini yang harus dapat diterima dan dirasakan oleh klien. Sehubungan dengan hal tersebut maka evaluasi kepuasan klien khususnya yang berhubungan dengan perilaku caring perawat perlu dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepuasan klien terhadap perilaku caring perawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Saiful Anwar Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pencapaian tingkat kepuasan klien terhadap perilaku caring perawat adalah 82,5%, dan dengan menggunakan mean sebagai cut off point diketahui bahwa 53,6% klien kepuasannya di atas rata-rata, dan tingkat kepuasan tersebut berhubungan secara signifikan dengan jumlah dirawat dan tingkat pendidikan klien.

 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Selamat Datang Perawat Indonesia