Jurnal Keperawatan Indonesia, Vol 11, No 2 (2007)

Font Size:  Small  Medium  Large

Pengalaman Mahasiswa S1 Keperawatan Program Reguler Dalam Pembelajaran Klinik

Elfy Syahreni, Fajar Tri Waluyanti

Abstract


Penelitian fenomenologi ini bertujuan menggali pengalaman belajar mahasiswa program reguler di klinik sehingga para pembimbing
klinik dapat memberikan persiapan dan bimbingan yang tepat pada mahasiswa selama proses pembelajaran klinik. Sampel yang
diambil secara purposive adalah lima mahasiswa program reguler yang sedang menjalani proses pembelajaran tahap klinik (profesi).
Data dikumpulkan melalui unstructured interview. Hasil wawancara direkam dengan menggunakan tape recorder dan kemudian
dibuat transkripnya. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan metoda analisis data “Collaizzi’s phenomenology methods”.
Terdapat tujuh tema yang muncul meliputi integrasi teori ke praktik, berupaya untuk tampil baik sebagai mahasiswa, berupaya untuk
tampil sebagai perawat yang baik, keinginan untuk tidak membahayakan klien, keinginan untuk membantu klien, penyebab stress,
serta pembelajaran ketrampilan psikomotor. Penelitian ini sebaiknya juga dilakukan pada mahasiswa S1 Keperawatan program
ekstensi FIK-UI.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Selamat Datang Perawat Indonesia