print ISSN 2301-9816

Submission

Online Submission

Already have a Username/Password for Jurnal Komunikasi Indonesia?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Panduan Penulisan
  1. Tulisan harus merupakan karya yang orisinil dan hasil temuan dari sebuah penelitian. Artikel yang diajukan meliputi artikel yang belum atau yang pernah diterbitkan di media lain. 
  2. Jika artikel pernah dipublikasi sebelumnya, redaksi JKI memerlukan bukti tertulis yang menyatakan bahwa lembaga penerbit sebelumnya mengizinkan publikasi ulang oleh JKI.
  3. Panjang artikel adalah 8,000-10,000 kata, tidak termasuk daftar pustaka dan catatan kaki. 
  4. Jumlah keseluruhan halaman untuk tiap artikel, yang mencakup gambar, ilustrasi,dan tabel, tidak melebihi 25 halaman. Semua artikel harus menyediakan abstrak dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, yang bisa memberikan gambaran atas esensi tulisan. Jumlah kata untuk kedua abstrak tidak boleh melebihi 300 kata, termasuk kata kunci (key words).
  5. Semua artikel harus menyediakan satu paragraf singkat (50 kata) yang berisi biodata penulis, termasuk institusi afiliasi dan alamat e-mail penulis.
  6. JKI menggunakan Bahasa Indonesia dalam Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

Panduan Pengiriman Tulisan 

Sudah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Jurnal Komuniksi Indonesia (JKI)?

 KE LOGIN

 

Belum memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Jurnal Komuniksi Indonesia (JKI)?

 

KE REGISTRASI

 

Pengiriman naskah dilakukan secara online (tidak melalui email). Namun, untuk informasi terkait revisi, diterima atau ditolaknya sebuah naskah, dikirim melalui email. Hasil koreksi dari mitra bestari harus dikembalikan secara online pula. Silahkan ikuti panduan berikut untuk pengiriman naskah.

 

1. Login dan Registrasi

Untuk mengirimkan tulisan secara online, Anda harus memiliki nama pengguna (username) dan kata sandi (password). Jika Anda belum memiliki, silahkan REGISTRASI terlebih dahulu. Jangan lupa mengklik pilihan “author” pada pilihan "register as" di sudut kiri bawah. Setelah itu simpan data dengan menekan kolom “register” kiri bawah. Jika Anda sebelumnya telah REGISTRASI, Anda bisa langsung melakukan LOGIN dengan menggunakan nama pengguna dan kata sandi.


2. Mengirimkan Naskah

Setelah LOGIN sebagai “author” silahkan memasukkan naskah dengan melakukan click “NEW SUBMISSION” di kanan atas. Setelah itu klik “SAVE and CONTINUE” di kanan bawah.  Selanjutnya klik “UPLOADING THE SUBMISSION” dengan mengambil dan mengunggah (upload) file naskah yang akan Anda kirim. Setelah selesai mengunggah file, klik “SAVE and CONTINUE” di kanan bawah. Langkah selanjutnya, Anda bisa melengkapi informasi mengenai tulisan Anda dengan memasukkan di kolom-kolom yang tersedia seperti: judul, abstrak, dan sebagainya. Setelah itu klik “SAVE and CONTINUE” di kanan bawah. Proses pengiriman naskah diakhiri dengan mengklik “FINISH SUBMISSION”. 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Tulisan merupakan karya yang orisinil dan hasil temuan dari sebuah penelitian. 
  2. Tulisan yang diajukan belum atau tidak pernah diterbitkan di media lain. 
  3. Tulisan telah mengikuti format baku (template) tulisan sebagaimana yang diinformasikan di dalam panduan
 

Copyright Notice

1.   Hak publikasi atas semua materi naskah  Jurnal Komunikasi Indonesia (JKI) yang diterbitkan/dipublikasikan dipegang oleh dewan redaksi atas dasar kesepakatan bersama dengan penulis.

 

2.  Untuk kepentingan akademik dan penyebaran ilmu pengetahuan. Penulis yang mengirimkan naskahnya ke jurnal JKI telah sepakat bahwa naskah yang diterbitkan dapat diakses secara gratis full text. Penulis juga memberikan hak kepada redaksi JKI untuk menyebarluaskan tulisan dalam jurnal di medium lain di luar OJS JKI (seperti memposting di website atau posting ke sebuah repositori institusi) dengan tujuan meningkatkan sitasi atau pengutipan dan pertukaran pengetahuan. 

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal, hanya digunakan untuk keperluan publikasi di situs JKI ini, tidak digunakan untuk keperluan lain ataupun untuk pihak lain. Seluruh naskah Jurnal Komunikasi Indonesia (JKI), baik format cetak maupun elektronik, dijamin keasliannya dengan menjunjung tinggi hak eksklusif penulis.