Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Psikologi Sosial (JPS) sebagai sarana pengembangan psikologi sosial di Indonesia memuat naskah-naskah ilmiah penelitian empiris. Cabang psikologi sosial menjadi fokus kajian JPS adalah cabang ilmu yang mengkhususkan diri pada studi tentang perilaku manusia dalam hubungannya dengan lingkungan sosialnya. Beberapa contoh kajian psikologi sosial adalah mengenai proses individual dalam kaitannya dengan rangsang/lingkungan sosial (pembentukan/perubahan sikap, prasangka, minat, dst), proses individual bersama (nilai, norma sikap kelompok, kognisi sosial, dsb) serta hubungan intra dan/atau inter kelompok (kompetisi, konflik, kerjasama, dsb). Kajian dalam bidang-bidang psikologi lainnya dapat dimuat dalam jumlah terbatas di JPS sepanjang memiliki relevansi dengan psikologi sosial, apakah berkaitan dengan tema, pendekatan, teori dan sebagainya.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Jurnal Psikologi Sosial (JPS) menerbitkan naskah yang merupakan hasil dari proses blind peer review, yakni naskah akan dinilai kualitas oleh para reviewer JPS dimana para reviewer tidak mengetahui siapa penulis naskah tersebut. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas dari tulisan tiap naskah JPS. Proses review ini dilakukan oleh dua orang yang akan memberikan masukan dan memberi keputusan terhadap naskah. Beberapa keputusan yang dipilih oleh reviewer adalah diterima (accepted), diterima dengan perbaikan grammatical, diterima dengan perbaikan minor/mayor, resubmit, dan ditolak (rejection). 

 

Open Access Policy

Jurnal Psikologi Sosial (JPS) menyajikan akses langsung yang terbuka dan dengan prinsip ini kami berharap membuat penelitian dapat diakses secara bebas (gratis) untuk memberi dukungan publik dalam pertukaran pengetahun yang signifikan secara global.

 

Publication Frequency

Jurnal Psikologi Sosial sejak tahun 2017 terbit sebanyak dua kali setahun: Februari dan Agustus.

 

Article Processing Charges

Jurnal Psikologi Sosial tidak memungut biaya apapun dari sejak penulis mengirimkan naskah hingga penerbitan secara online. Semua proses dan administrasi secara penuh Gratis. 

 

Publication Etics

Editor, Peer-Reviewer, dan Penulis yang terlibat dalam proses pengelolaan naskah di Jurnal Psikologi Sosial (JPS) harus memahami aturan etis dalam publikasi ilmiah. Tiap pihak dalam melaksanakan tugas masing-masing harus berperilaku etis. 

Editor

  • Memiliki tugas dalam memutuskan naskah yang diterima dalam penentuan reviewer, permintaan revisi, menjaga standar kualitas naskah baik dari segi konten hingga tampilan (layout). 
  • Naskah yang masuk akan melewati proses desk review yang dilakukan secara adil. 
  • Review yang dilakukan pada JPS harus memenuhi syarat double-blind reviewer, ini artinya editor menjaga kerahasiaan identitas penulis dan dua reviewer dalam proses review. Editor berhak memberikan masukan dalam tulisan untuk menjaga kualitas naskah. 
  • Evaluasi yang dilakukan editor terhadap naskah dilakukan dengan asas netralitas, tidak ada diskriminasi terhadap penulis berdasarkan golongan atau kelompok tertentu, dan tidak ada konflik kepentingan. 
  • Editor memiliki kewajiban menerima keluhan dari penulis yang disampaikan melalui email jurnal@ikatanpsikologisosial.org

Reviewer

  • Review dilakukan sedikitnya oleh dua orang reviewer. 
  • Tiap reviewer berkewajiban memberi keputusan terhadap suatu naskah: ditolak atau diterima (tanpa atau dengan perbaikan/revisi).
  •  Reviewer memberikan masukan, saran, rekomendasi, dan kritis yang membangun untuk pengembangan kualitas naskah.
  • Tiap reviewer harus memegang asas kerahasiaan, naskah tidak diperkenankan untuk didiskusikan dengan orang lain tanpa sepengetahuan editor. 
  • Tiap reviewer harus objektif, mendasari tiap masukan berdasarkan pada kajian dan kaidah ilmiah. 

Penulis

  • Naskah yang ditulis oleh penulis harus memenuhi kaidah dan format penulisan JPS. Untuk itu, penulis harus memastikan bahwa naskah telah sesuai dengan template JPS. 
  • Naskah harus original, tidak pernah dipublikasikan sebelumnya, dan tidak sedang diproses di jurnal lainnya. 
  • Penulis harus memastikan naskah bebas dari plagiarisme dan self-plagiarisme, ini artinya tiap tulisan (selain kutipan langsung) harus diubah (paraphrase) sesuai dengan kaidah ilmiah. 
  • Penelitian yang dilaporkan penulis harus memenuhi atau melewati prinsip etis dalam penelitian, ini artinya studi yang dilakukan tidak merugikan subjek/partisipan penelitian baik secara fisik/psikologis.

 

 

Screening Plagiarism

Editor melakukan pengecekan tingkat kesamaan atau indikasi plagiarisme dengan menggunakan Ithenticate. Batas minimal nilai plagiarisme yang diterima (total keseluruhan dari Ithenticate) adalah 20%, sedangkan diantara total keseluruhan persentase tersebut tiap nilai plagiarisme satuan tidak boleh lebih dari 3%. 



Cited by:

google_scholar_for_jps_702

Indexed by:

one_search_for_jps_702 isjd_for_jps_702 base_for_jps_702 logo_sis_702 crossref_702 drji_702

View JPS Statistic

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.