Jurnal Psikologi Sosial, Vol 16, No 2 (2018)

Font Size:  Small  Medium  Large

Relakah anda menunggu? Menguji efek moderasi waktu tunggu pada fenomena zero price effect dalam keputusan membeli

Sarah Gracia Keinamada, Wada Anzilah, Erita Narhetali

Abstract


Ketika ditawarkan produk secara gratis konsumen cenderung rela mengorbankan waktunya untuk mendapatkan produk tersebut. Fenomena ini adalah manifestasi dari fenomena zero-price effect; dimana konsumen menilai barang dengan nilai terlalu tinggi saat ditawarkan produk gratis. Apabila waktu tunggu memengaruhi perceived value dan keputusan membeli konsumen, maka waktu tunggu sebelum mendapatkan produk gratis, menyebabkan perceived value konsumen terhadap produk gratis akan semakin meningkat, membuat konsumen mengalami fenomena zero price effect, dan meningkatkan keputusan konsumen untuk membeli. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji efek moderasi waktu tunggu dalam keputusan membeli konsumen terhadap produk gratis yang ditawarkan. Penelitian eksperimental memiliki 2 (harga: gratis vs. diskon) × 2 (waktu tunggu: tidak ada waktu tunggu vs ada waktu tunggu) between-subject desain faktorial. Partisipan (N=54) ditugaskan secara acak pada kelompok berbelanja produk diskon atau gratis kemudian diminta untuk memilih produk yang ingin mereka beli. Mereka kemudian segera diberikan produk atau diminta untuk menunggu sebelum mendapatkan barang yang mereka pesan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan dari keputusan membeli antara kelompok yang ditawarkan produk secara gratis dengan kelompok harga diskon, baik ketika mereka berada dalam situasi ada waktu tunggu atau tidak ada waktu tunggu.

 

When being offered products for free consumers tend to be willing to sacrifice their time to acquire these products. This phenomenon is a manifestation of the zero-price effect phenomenon; when consumers overvalue an item if it is offered for free. Assuming waiting time is a form of situational cues which affects the perceived value and the consumer’s purchase decision, hence waiting time before getting a free product will increase consumer’s perceived value towards the free products, making the consumers experiencing the zero price effect phenomenon, and increase the consumers’s purchase decision. The purpose of this study is to test the moderating effect of waiting time on a consumer’s purchase decision of the free products offered. This experimental research has a 2 (price: free vs. discount) × 2 (waiting time: no waiting time vs. waiting time) between-subject factorial design. Participants (N = 54) were assigned randomly to the discounted or free product group then asked to select the product they wish to purchase. They were then given the product immediately or asked to wait prior to getting the item they ordered. The results showed that there was no significant difference in the purchase decision between groups being offered products for free compared to the group paying discount prices, whether they are in a situation with or without waiting time.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Cited by:

google_scholar_for_jps_702

Indexed by:

one_search_for_jps_702 isjd_for_jps_702 base_for_jps_702 logo_sis_702 crossref_702 drji_702

View JPS Statistic

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.